Kamis, 07 Juli 2011

pendidikan anak

PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang

Saai  ini  media  semakin  menunjukkan  tingkat  kemajuannya,  apalagi  dalam  bidang  informatika  dan  komunikasi.
Hal  ini  banyak  menimbulkan  dampak  yang mengakibatkan  anak-anak di bawah  umur  dengan  mudah  mengkonsumsi  berbagai  tontonan  yang  semestinya  belum  pantas  untuk   mereka  perolehkan.

Orang  tua  kadang  sering  atau  bahkan  tidak  sempat  mengontrol  anak-anaknya.  Mengenal,memahami  dunia  anak bukan  suatu  hal  yang  mudah,
Dunia  anak  yang  penuh  warna-warni,  dunia  yang  segalahnya  indah,  ceriah, penuh  cinta, penuh  keajaiban, penuh  kejuta. Dan  karena  hal-hal  itu  lah  anak tumbuh  apa  yang  di  rasahkan  dan disaksikannya.

Perlunya   orang  tua  mencermati   apa  yang  baik  untuk  anak  tanpa harus  membuat  mereka  terasa  tertekani  jiwanya  kerena  di  antur  dan  di  arahkan.
Pada  usiah  anak  imjenasinya  sangat  tinggi  untuk  mencoba  dan mengetahui  sesuatu yang  baru.

Peran  orang  tua  sangat  lah  penting  untuk  membantu  mengembangkan  imajenasi  anak.
Untuk  dapat  mengawasi  dan  mengontrol  tanpa  harus  membuat  anak  merasa  terlalu  di atur  yaitu  dengan cara  komunikasi  yang  efektif  antar  anak  dan orang  tau.
Jangan biarkan  anak menyaksikan  tontonan  yang  tidak  sepantasnya  untuknya  dan   bila  anak  menyaksikannya  perlu  bombing  dara  orang  tua [1]




PEMBAHASAN MASLAH


A.      Permasalahan  Pendidikan Anak

1.       Pengertian  pendidikan
Pendidikan  adalah  suatu  proses  yang  terjadi   karena  interaksi  berbagai  paktor, yang  [2]mana  menghasilkan  penyedaran  diri,  penyedaran  lingkungan  sehingga  menghasilka  percaya  diri  dan percaya  lingkungan.
Jadi  pendidikan  itu  adalah  dimana  anak  menjadi  dirinya  yang  di  pengaruhi  beberapa  factor:

1.       Factor  lingkungan
2.       Factor  social
3.       Factor  kekuargaan 
4.       Factor  pendidikan

Bila  salah  satu  factor  di  atas  terpenuhi  memungkinkan  terbinanya  generasi  anak  yang cerdas  dan kareatif.

2.       Pentingnya  peran  orang  tua  dalam  pendidikan  anak

Tik  dapat  dipungkiri  bahwa  dalam  kehidupan  seseorang  anak, pendidikan  berperan  sangant  penting  untuk  membantuk  kepribadiannya.
Terdapat  beberapa  probelmatika  pendidikan  anak  meliputi :
a.       Siapa  yang  mengasuh  atau  mendidik  anak  di rumah
b.      Siapa  yang  memimbing  aqidah  dan akhlaqnya
c.       Bagaimana  prestasi  belajar  anak
                        d.      Sempatkan  orang   tua  membimbing  belajar  anak

Berdasarka  uraian  di  atas  dapat  di  simpulkan  bahwa  probelmatika  itu  timbul  dari  cara  didik,  pengawasan  serta  kontrol  dari  orang  tua.[3]

B.  Permasalahan  lingkungan  keluarga

Lingkungan  sangat  mempengaruhi  anak  dalam  pembentukkan  awalnya  Penjelasan  undang-undang  No.2  /  1989  tentang  system  pendidikan  dalam  keluarga  member  keyakinan  agama,  nilai  budaya  yang  mencangkuf  nilai  moral  ukuran  pegaulan  serta  pandangan,  keterampilan  dan  sikaf  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa  dan  bernegara  kepada  anggota  keluarga.
Beberapa  tanggu  jawab  orang  tua  terhadap  anak  antara  lain:
1.       Memelihar  dan  mendidik  anak 
2.       Membina  aqidah  dan  akhlaq
3.       Menjadi  teladan  bagi  anak
Berdasarkan  hak  diatas  maka  orang  tua  adalah  orang  yang  pertama  membentuk  anak  menjadi  manusia  berakhlaq  dan  bertaqwa.

C.  Pengaruh  media  informasi  dalam tingkat  imajenasi  anak

Seper  sudah  penulis  paparkan  pengaruh  media  informasi  sangatlah  berpengaruh  dalam  diri  anak, imajenasi  tumbuh  seperti  apa  yang  dilihat  dan  didengar ,  orang  tua  hanya  tinggal mengawasi  dan  memberi  dukungan  apa yang  dilakukannya  selagi  itu  dalam  bentuk  positif  dan  dapat  membuatnya  cerdas  dan  kareatif.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar